Jumat, 20 Juli 2012

BOEING MH- 47 CHINOOK


BOEING MH- 47 CHINOOK


Sosoknya paling bongsor ketimbang rekan-rekan sejawat sesame andalan “Night Stalker”. Suaranya pun paling bising dan downwashnya (hembusan angin akibat putara baling-baling). Bikin gentar diantara heli-heli 160th SOAR lainnya. Itulah harga yang harus dibayar untuk kapasitas angkut serta kecepatan yang mempuni. Kapasitas angkut disini bukan melulu jumlah pasukan khusus yang bias diangkut sekali jalan, melainkan juga tonase bawaan nya. Maklum, Chinook memang tergolong heli kelas medium-to-weight. Berdasarkan pengalaman di Afghanistan, untuk urusan angkut-mengankut, satu MH-47G dapat menggantikan lima MH-60L.


Heli yang beroprasi rotor ganda (mirip CH-46 Sea Knight yang lebih kecil) itu varian khusus untuk pasukan khususnya sudah malang melintang sejak pertengahan decade 1980-an. Setidaknya ada 3 varian yang dimodifikas khusus yang dikenal, dan semuanya telah dilengkapi batang pegisian gahan bakar udara? Refueling probe yang terpasang di sebelah kanan kokpit, mirip penempatan pada MH-60.

>. MH-47D: varian awal “Special Forces Chinook”, dengan peningkatan “baru sekedarnya” untuk mendukung misi pasukan khusus. Di antara fitur tambahan adalah “fast-rope rapelling system”. 

>. MH-47E: gampang dikenali berkat sponson samping (tonjolan berisi tangki bahan bakar di sisi kanan dan kiri badan heli). 

>. MH-47G: varian terbaru yang menghuni sarang “Night Stalker”, beberapa bagian airframe mengambil basis varian angkut CH-47F yang tercanggih. Kokpit sudah dilengkapi “Glass Cockpit” Common Avionics Arcgitecture System (CAAS) lansiran Rockwell Collins.





· Pembuat : BOEING

· Awak : 3

· Oprasional : 1985 (MH-47D)

· MOTW :22.900 kg (MH-47D)

· Mesin : 2x Textron Lycoming T55-L712 turboshaft

· Dimensi(panjang-diameter rotor-tinggi) : 15,8m-18,3m-5,7m

· Kecepatan maks : 315 km/jam

· Jangkauan : 770 km

0 komentar:

Posting Komentar