Minggu, 29 Juli 2012

Lawan Bau Mulut dengan Sinar Biru

Lawan Bau Mulut dengan Sinar Biru

Bau mulut? haduh ga banget lah bro, nah sekarang ada tips nih buat ngilanin bau mulut nya, Di bulan puasa ini tentu banyak orang yang mengeluhkan bau mulut akibat produksi air liurnya yang menurun dan adanya bakteri-bakteri tertentu yang tinggal di dalam mulut.

Namun sebuah studi baru menemukan cara jitu untuk membunuh bakteri-bakteri tersebut yaitu dengan menggunakan sinar biru dari lampu pemutih gigi (teeth-whitening lamps).

Peneliti dari Hebrew University dan Hadassah School of Dental Medicine di Jerusalem menemukan bahwa paparan sinar biru dari lampu yang digunakan untuk memutihkan gigi itu selama dua menit saja sudah cukup untuk membunuh bakteri-bakteri dalam air liur yang seringkali dikaitkan dengan bau mulut.

Sinar biru merupakan salah satu komponen yang disebut sebagai sinar yang bisa dilihat (visible light) dan hal ini dapat diketahui bila sinar ini dibagi menjadi sejumlah warna penyusunnya, sama halnya ketika Anda melihat pelangi.

Meskipun tidak berbahaya bagi jaringan, namun sinar biru ini cukup kuat untuk memicu dampak biologis tertentu pada tubuh.

Untuk mendapatkan kesimpulan ini, peneliti memaparkan sinar biru tersebut pada 50 sampel air liur dan terbukti bahwa sinar biru ini menyebabkan penurunan bau mulut yang signifikan.

Dengan kata lain keseimbangan bakteri yang ada pada sampel-sampel itu berubah akibat disinari dan membuat bakteri yang paling bau menjadi tidak begitu dominan.

Peneliti dari Harvard University juga menemukan bahwa sinar biru bisa digunakan untuk melawan bakteri yang menyebabkan penyakit gusi destruktif. Selain itu, sinar ini juga bermanfaat untuk mencegah, mengontrol atau mengobati periodontitis, infeksi mulut yang menyebabkan tulang dan gigi rontok.

"Sejumlah bakteri bisa dibasmi dalam hitungan detik saja. Diduga sinar itu bisa membunuh bakteri dengan merusak lapisan pelindung yang mengelilingi bakteri tersebut," kata Dr. Nikos Soukos yang memimpin studi ini seperti dilansir dari zeenews, Senin (30/7/2012)

source : Detik.com

0 komentar:

Posting Komentar